Kran bathtub dibuat untuk mengontrol air yang mengalir keluar. Ada banyak model kran bathtub yang ada di pasaran.
Tetapi fungsi utamanya
adalah untuk mengontrol air dari sumber. Artinya membuka dan
menghentikan aliran air. Itu yang utama. Lalu perkembangannya, dengan
permintaan pasar akan mandi dengan pancuran, kran dimodifikasi lagi
dengan menambah pembagi aliran air menuju shower.
Dan yang terakhir, kran
mendapat tugas lagi yaitu untuk membagi air dingin dari sumber dan air
panas dari water heater. Jadilah seperti kran - kran sekarang ini yang
banyak terdapat di bathtub. Kran panas-dingin + shower.
Tetapi fungsi utamanya adalah untuk mengontrol air dari sumber. Artinya membuka dan menghentikan aliran air. Itu yang utama.
Kran untuk bathtub biasanya terbagi menjadi 3 kelas berdasarkan penempatannya.
PENTING: Untuk pemasangan kran dinding harap lihat halaman ini lebih lanjut. Jarak kran ke bathtub
Sekedar share pengalaman,
Selama
berjualan bathtub, saya termasuk jarang yang mendapatkan komplain soal
kran. tapi ada satu kali ketika mendapatkan komplain, terpaksa
kehilangan 2 kran sekaligus akibat pemasangan tekhnisi lain.
Ketika komplain pertama,
kami tidak ke lokasi karena sepakat untuk mengirim kran yang lain
sebagai pengganti karena masih masuk hitungan 1 bulan. Kran sebetulnya
tidak kami garansi. tapi saat pemasangan, tentu bisa terjadi kesalahan.
Jadi kami juga mesti mengerti akan situasi tersebut. Dengan ketentuan
satu bulan dari pembelian tentunya.
Saat
menerima kran yang bermasalah, kami memeriksa kran tersebut, ternyata
drat sok kran ke pipa rusak dan tidak mengikuti alur putaran mur
sehingga tidak bisa terkunci saat dipasang. Setelah mengirimkan kran
pengganti, kami membiarkan pemilik melakukan sendiri pemasangan karena
sudah merasa ada tukang yang bisa memasangnya. Tentu saja bisa, karena
hal memasang kran adalah hal mudah bagi tukang.
Tetapi tanpa
disangka-sangka, kembali komplain kembali dengan alasan yang sama. Air
menetes dan mengucur dari bagian kran yang menempel di dinding.
Waduhh... dan saya periksa,
kembali kran yang kirim kedua mengalami kerusakan yang sama. Saya pikir
mungkin quality control saya yang mengirimkan keran bermasalah lagi.
Tetapi QC kami bersikeras kalau dia tidak akan mengirim kran bermasalah
mengingat toh kran juga dicatat bila ada yang rusak. Buat apa
bolak-balik kirim kran rusak ? Toh ujungnya tetap kirim kran yang bagus
sampai permasalahan beres. Bila mengirim yang bermasalah, tentu akan
membuang-buang waktu, biaya, dan kepercayaan user. Itu tidak mungkin.
Saya setuju dengan pemikiran ini. "Logis".
Untuk kran selanjutnya, kami mengirim tekhnisi sendiri untuk melihat lokasi pemasangan dan apa kendalanya.
Dan kendalanya ternyata
bukan dari kran, tetapi dari pipa yang tidak "center" ( bahasa tekhnisi
saya ) yang dimaksud lurus sejajar pas sama tengah atau disebut juga
"center" . Maksudnya tidak sejajar lurus kedepan arah pipanya. Sementara
kran sudah pasti lurus, dimasukan ke pipa miring lalu tidak pas, dan
dipaksa masuk dengan kunci hingga dratnya rusak. seperti memasang baut
dalam posisi miring dipaksa.
Masalah utamanya ditemukan,
selanjutnya tentu mesti membongkar keramik dan meluruskan pipa
tentunya.. tetapi tentu akan merepotkan dan pihak owner tidak mau. Kalau
mau dibongkar dan diperbaiki pipa airnya tentu bisa sempurna. Untuk
catatan, pemasangan instalasi pipa bukan bagian dari kami, karena itu
masuknya ke pekerjaan tukang ledeng. Seperti anda membeli TV, tentu
bukan tukan tv yang harus memasang instalasi listriknya dari PLN. anda
hanya siapkan sampai ke "colokan" ( stop kontak ).
Bisa tetap
dipasang hanya kami tambahkan banyak lem silicon agar air tidak
merembes. Masalah terselesaikan dengan hampir sempurna. Maka sejak itu,
saya buatkan video cara pemasangan 3d animasi agar bisa dimengerti
dengan mudah maksud saya ini di Pemasangan kran bathtub.Pointnya adalah, pipa harus sejajar. "Please feel free to ask"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar